11/05/2021

Aisyiyah Jepara Gencarkan Tanam Secara Organik

Tanaman Organik Hasil Budidaya Katavid 19 Jepara

Jepara 17 juni 2020
Jeparamu.or.id – Di masa pandemi ” new normal ” dimana mana tampak kehidupan seperti biasa namun sebenarnya masih menyimpan banyak masalah . Yaitu masalah kesehatan terkait dengan angka kasus covid – 19 yg semakin tinggi .

Lock down – karantina – isolasi mandiri semua ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang supaya tidak mudah terpapar covid – 19 . Kekebalan tubuh seseorang terkait erat dengan kebiasaan hidup sehari hari . Makanan sehat – berolah raga dan jangan abaikan beristirahat yg cukup . Sayuran hijau dan buah adl makanan sehat tetapi apakah semua yang tampak hijau adalah sehat … ?
Belom tentu .

Sayur – buah yang berwarna hijau segar belom tentu sehat karena proses menanamnya menggunakan pupuk kimia dan pestisida .

Lis corini ketua katavid jepara telah merasakan nikmatnya berkebun sejak adanya pandemi covid – 19 bulan maret 2020 . Berawal dari pembibitan di area bekas parkir sepeda motor karyawan meubel yg sepi order selanjutnya proses menanam di sekitar rumah menggunakan polyback seperti kangkung – kemangi – cabe – terong – jahe – pandan – serai – singkong dan pepaya . Cara organik dipilihnya tanpa bahan kimia tanpa pestisida. Media tanam dari campuran tanah liat – sekam padi dan pupuk kandang sedangkan hama tanaman disemprot dengan cairan rendaman kulit bawang merah / putih limbah dapur . Bisa juga membuat semprotan anti hama dengan bahan yang ada disekitar rumah . Caranya sebagai berikut
Bahan
10 lembar daun sirsat
2 siung bawang putih
1 lbr daun pepaya
1 btg serai
1 btg daun lidah buaya
2 – 5 tetes sabun cair cuci piring
2 ltr air
Cara membuatnya
Semua bahan di.blender , disaring kemudian didiamkan selama 5 – 7 jam . Disemprotkan pada tanaman di waktu sore hari setelah jam 4 .

Sedikit pengalaman yg bisa saya bagi . Semoga pembaca terinspirasi untuk bertanam semua jenis tanaman secara organik .

Selamat berkebun
Sudahkah anda menanam hari ini …lebih baik menanam secara organik .

Kontributor
Lis corini

Total Page Visits: 196 - Today Page Visits: 3