22/04/2021

Gerakan Zero Waste, Jadi Bahasan Utama NA Jepara

Jeparamu.or.id – Pimpinanan Daerah Nasyiatul A’isyiyah (PD NA) Jepara Mengadakan pertemuan rutin Triwulan yang bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Sharma Jepara, Ahad(1/3/2020). Hadir 10 peserta perwakilan 10 orang dari Cabang Nalumsari hingga Donorojo.

Hadir dalam kegiatan ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara, Duddy Ika Kurniawan Kasie Pengendalian Kerusakan dan Pengambangan Kapasitas Lingkungan Hidup bersinergi dengan Nasyiatul Aisyiyah sebagai ketua PDNA Jepara. Hadir juga Nashirin sebagai kader lingkungan hidup sekaligus menjabat kepengurusan di Bank Sampah Induk Jepara (BSIJ) yang menyampaikan
materi sosialisasi tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Kemanfaatan limbah dari skala rumah tangga bisa di pilah dengan cara 3R (Reduse,Reuse dan Resycle). Reduse/mencegah penggunaan barang yang dari plastik sekali pakai contoh tas kresek, gelas minum . Reuse/Memilah sampah organik dan an organik. Sedangkan Resycle/Daur ulang memanfaatkan sampah yang bisa di buat kerajinan misalnya sampah kantok plastik di buat bunga, tas, dompet dan lain sebagainya.

Harapan kedepan DLH Kabupaten Jepara bisa bersinergi dengan Nasyiatul A’isyiah Daerah Jepara dalam penanganan sampah dari hulu sampai hilir tegas Duddy DLH.

“Kader-kader NA harus bisa menjadi pelopor dalam mengurangi sampah plastik dan bisa memanfaatkan sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis ” ujar Nasyi’atul Aisyiyah.


Begitu juga Yuli Kusrini ketua bank sampah Desa Wonorejo Kecamatan Jepara Kota, menyampaikan motifasinya untuk bisa memberikan dorongan supaya kader NA Berpartisipasi aktif dalam mendaur ulang sampah. “plastik-plastik yang ada dapat digunakan menjadi barang kerajinan lain” ujarnya. Dirinya memberikan contoh ketika berbelanja dengan membawa plastik dari rumah.

Kontributor– Kusnitah

Total Page Visits: 448 - Today Page Visits: 2

2 thoughts on “Gerakan Zero Waste, Jadi Bahasan Utama NA Jepara

Comments are closed.