29/09/2022

HIKMAH JUMAT 🍀🌿🌿🍀 Membangun Jejaring, Belajar dari Lebah

Kita sudah sangat mafhum kalau lebah adalah makhluk Allah yang unik sekali bahkan bagian dari kemukjizatan Allah SWT. Lebah diberikan Ilham langsung dari Allah SWT. Dengan menggunakan kata wahyu sebagaimana didalam surat An Nahl ayat 68, redaksinya menggunakan kata awha. Kata awha ini secara khusus tertuju hanya kepada makhluk Allah bernama Lebah. Subhanallah.

Lebah atau disebut An Nahl adalah salah satu ayat qauniyah Allah sebagai tanda kuasaNya yang memberikan isyarat kemukjizatan. Yakni mukjizat dalam Al Qur’an bila manusia mau mengekplorasi daya nalarnya maka ia akan menghasilkan produk-produk hasil dari olah pikirnya yang dioptimalkan. Sehingga dalam hal ini, sangat tepat bila Allah memberikan sinyal petunjuk bagi orang yang mau berfikir Inna fii dzalika laayatin liqaumin yatafakkarun. (QS 16:69).

Kemukjizatan dari Allah lewat lebah ini sungguh menjadi ibrah bagi keberlangsungan hidup manusia. Dapat menjadi obyek penelitian maupun dapat dipetik hikmahnya untuk manusia.

Tiga tempat hidup lebah yang berada di perbukitan, pepohonan, dan tempat lain yang dibuat oleh manusia ini menjadikan eksplorasi daya nalar manusia kepada lebah semakin berkembang dengan pesat. Wujudnya berupa keilmuan atau produk penelitian dengan obyek lebah. Sungguh luar biasa dampak positifnya manakala manusia mampu menjadikan lebah ini untuk kebutuhannya.

Hasil penelitian dari para pemerhati lebah mengelompokkan lebah menjadi tiga, pertama lebah penyendiri, lebah sosial dan lebah thufail atau kekanak-kanakan. Dan lebah yang dapat menghasilkan madu ternyata lebah sosial. Karakter lebah sosial dapat dilihat dari bagaimana mereka mendesain dalam membuat rumah, menyimpan makanan yang selalu ready stok untuk masyarakat lebah. Masyarakat lebah yang menjadi cirikhasnya tinggal secara kolektif dalam menyusun target berupa madu dan mengembangkan keberlangsungan kehidupannya. Saling menopang dan menolong serta saling ketergantungan satu sama lain adalah menjadi ciri khususnya. Mereka jauh dari sifat primordial dan egois. Sehingga pantas saja lebah adalah salah satu mukjizat dari Allah.

Layak menjadi bahan perenungan (tadabbur) ayat-ayat Allah swt.

Akhmad Faozan,
Jumat, Januari 28, 2022.

Total Page Visits: 247 - Today Page Visits: 1
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com