22/04/2021

ISLAMNYA ALAM SEMESTA

Penulis : Arief Widodo

Renungkanlah firman Allah swt QS Ali Imran 83:

افغير دين الله يبغون وله اسلم من في السموات والارض طوعا وكرها واليه يرجعون.

Maka mengapa mereka mencari yang selain agama Allah, padahal apa yang ada di langit dan di bumi berserah diri kepada-Nya. Baik dengan sukarela maupun terpaksa, dan hanya kepada-Nya mereka dikembalikan.

Bumi langit bulan bintang tumbuhan hewan semua tunduk kepada Allah swt. Islamnya alam semesta menjadi ayat ayat atau bukti kekuasaan Allah swt, yang hendaknyalah membuat kita semakin merasa malu bahwa kita masih banyak berlaku durhaka, melanggar perintah Allah, sholat kita abaikan, janji masih sering kita langgar, masih saja kita berbuat dholim dan melukai hati terhadap sesama. Padalah Allah swt telah tunjukkan tanda kekuasaan Nya pada diri kita, Subhaanallah.

Kita haruslah sadar bahwa Allah swt kuasa untuk mencipta, mengatur, dan memelihara alam semesta, sedangkan alam bersujud, bertasbih, bertahmid kepada Allah swt. Mari kita renungkan firman Allah swt QS Fushilat ayat 53:

سنريهم ايتنافي الافاق وفي انفسهم حتي يتبين لهم انه الحق اولم يكف بربك انه علي كل شي ء شهيد.

Akan kami tampakkan pada mereka ayat ayat kami dalam setiap ufuq dan bahkan pada diri mereka sendiri sehingga jelas bagi mereka bahwasannya Al Qur’an ini benar, tidakkah cukup bahwa Tuhanmu maha menyaksikan terhadap segala sesuatu.

Manusia menjadi partner alam ini untuk mengabdi kepada Allah swt. Ayat Allah swt ada di sekitar kita atau bahkan pada diri kita sendiri sebagai ibroh pelajaran berdzikir bertafakkur, tumbuh iman dan memperbanyak istighfar kepada Allah swt.

Firman Allah swt QS Ali Imran 190-191:

إ ن في خلق السموا ت والارض واختلا ف الليل والنهار لايات لاولي الا لباب .الذين يذكرون الله قيا ما و قعودا و علي
جنو بهم ويتفكرون في خلق السموات والاوض.ربنا ما خلقت هذا با طلا سبحا نك فقنا عذا ب النار.

Sesungguhnya di dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya siang dan malam adalah tanda tanda kekuasaan Allah bagi orang yang berakal dan hati yang jernih. Yaitu orang orang yang mengingat Allah dalam keadaan berdiri, duduk, dan berbaring sembari bertfakkur tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata Ya Tuhan kami, tidaklah kau ciptakan ini sia sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah diri kami dari adzab neraka.

Jepara, 4 Nopember 2020.

Total Page Visits: 180 - Today Page Visits: 2