11/05/2021

KETUA PDM JEPARA : MARI RENUNGKAN MAKNA SURAT AL-BAQAROH AYAT 183

Tahunan- Kegiatan Pengajian Ahad Pagi atau yang lebih dikenal dengan Ahad Barokah dilaksanakan pada 2 Mei 2021 bertepatan dengan 20 Ramadan 1442 ini dengan pengisi tausiyah Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jepara, Ustadz Fachrurrozi.
Tausiyah yang dilaksanakan usai sholat subuh berjamaah tersebut antusias diikuti jamaah Masjid Al-Istiqomah. Tampak hadir mulai dari ketua Takmir Masjid, Eko Sudarmadji dan pengurus lainnya, para sesepuh, Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu Jamaah Masjid Al-Istiqomah, tidak ketinggalan juga para pemudanya.
Ketua PDM Jepara dalam awal tausiyah mengajak para jamaah untuk setiap saat selalu memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan taufik, hidayah dan inayah dari Allah SWT. Karena pada ahad pagi ini 20 Ramadan di tahun 1442 H, masih diberi kesempatan untuk beribadah puasa. “Alhamdulillah tadi kita sama-sama telah melaksanakan sholat subuh berjamaah dengan khusus dan tadharru’ telah berjalan dengan baik, usai itu insya Allah akan kita lanjutkan dengan kajian ke Islaman tentang kandungan surat Al-Baqaroh ayat 183.”, ujarnya.
“Kita sudah sering mendengar dan membaca berulang-ulang surat Al-Baqaroh ayat 183 tentang mukjizat Allah SWT yang diberikan kepada RasulNya, Nabi akhirul jaman Muhammad SAW. Diantara mukjizatnya adalah Al-Quran,” terangnya.
Ustadz Fachrurrozi menambahkan, dalam surat Al-Baqaroh ayat 183 tersebut menjelaskan kewajiban umat Islam untuk melaksanakan ibadah puasa sebagaimana kewajiban tersebut juga dibebankan kepada umat-umat terdahulu. Tujuannya adalah menjadi orang yang bertakwa kepada Allah SWT. “Ayat ini dimulai dari bentuk panggilan Allah SWT terhadap orang-orang beriman yang diwajibkan untuk berpuasa,” jelasnya.
Dalam akhir tausiyahnya, Ustadz Fachrurrozi berpesan bahwa Rasulullah SAW menegaskan sekiranya manusia benar-benar menyadari kebaikan-kebaikan yang ada pada bulan Ramadan ini, pastinya mereka akan mengharapkan supaya sepanjang tahun adalah bulan Ramadan. “Bulan suci Ramadan tinggal beberapa hari dan sebentar lagi akan meninggalkan kita, mari kita tetap semangat untuk meningkatkan ibadah kita di bulan Ramadan ini, sehingga tujuan dari ibadah puasa menjadi orang bertakwa terwujud” terangnya.

Ustad yang tinggal di Kedung ini pun berharap, mudah-mudahan kedepannya masih diberi kesempatan bisa berjumpa dengan bulan Ramadan, bulan yang penuh karomah dan kebaikan. Pengajian Ahad pagi ini ditutup dengan berdoa bersama-sama.

Kontributor : Muslim

Total Page Visits: 24 - Today Page Visits: 3

Leave a Reply