22/04/2021

Kiat Merawat Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah

pdpmjepara.org – Delapan puluh delapan (88) tahun perjalanan Pemuda Muhammadiyah bukanlah waktu yang singkat, salah satu ciri dari organisasi yang memiliki usia panjang adalah punya track record yang panjang. Akan tetapi Pemuda Muhammadiyah agar tidak menghabiskan waktu menengok ke belakang tapi tengoklah ke depan.Menengok ke belakang itu baik untuk mengambil pengalaman dari sejarah, tapi Pemuda Muhammadiyah punya tanggungjawab untuk membuat sejarah, bukan saja memahami sejarah.

Membuat sejarah baru itulah tanggungjawab Pemuda Muhammadiyah hari ini, Pemuda Muhammadiyah diharapkan terus konsisten menjadi pelopor, pelangsung, dan penyempurna dari perjuangan Muhammadiyah untuk Islam dan Indonesia yang lebih berkemajuan. Pemuda Muhammadiyah yang baru saja memperingati milad ke-88 harus menunjukkan kepemudaan, keislaman, keindonesiaan secara bersama-sama.
Dalam hal ini Pemuda Muhammadiyah dari pusat – cabang ingin erat menjaga dan berperan andil dalam berbagai kegiatan untuk kemajuan bangsa dan bernegara, bagaimana menjaga agar Pemuda Muhammadiyah tetap eksis dalam berkegiatan khususnya dalam tingkat cabang


Menjadikan masjid dan mushola sebagai pusat gerakan yaitu pusat perkumpulan dalam kegiatan bermuhammadiyah,
Menjadikan Pemuda Muhammadiyah sebagai sarana dan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas anggota dan pimpinan sebagai amal sholeh untuk kemaslahatan umat dan bangsa;
Penguatan organisasi di semua lini dan tingkatan; pengembangan kaderisasi yaitu menggadakan pelatihan kader (Baitul Arqam dan Darul Arqom )


Peningkatan peran serta Pemuda Muhammadiyah dalam pemberdayaan masyarkat dan kebijakan public.
Penguatan dan pengembangan jejaring sebagai mitra potensial serta menjaga indepensi organisasi Pemuda Muhammadiyah agar bisa eksis mempunyai 5 PKBSB yaitu

  1. Pinter : Pemuda Muhammadiyah cabang harus pintar dalam segala hal,
  2. Kober : Pemuda Muhammadiyah Cabang bisa meluangkan waktunya untuk berkegiatan bermuhammadiyah;
  3. Bener : Pemuda Muhammadiyah Cabang memiliki sifat dan perilaku berakhlakul karimah dan menjadi teladan bagi umat dan bangsa.
  4. Seger ( Sehat ) artinya Pemuda Muhammadiyah Cabang sehat jasmani dan rohani yaitu agar bisa berkegiatan dalam bermuhammadiyah.
  5. Banter yaitu pemuda Muhammadiyah bisa mengikuti perkembangan zaman khususnya bidang teknologi. Pemuda Muhammadiyah terus menjadi bagian dari yang menyuplai masa depan yang gemilang bagi umat dan bagi bangsa. Insya Allah Pemuda Muhammadiyah makin maju, makin berkembang, dan bersama-sama berjuang, menguatkan solidaritas, menebar kebaikan, dan mencerahkan semesta.
Total Page Visits: 463 - Today Page Visits: 1