11/05/2021

Menengok Satu Bulan Budidaya Lele Dukungan JSM Jepara

Peserta penerima dukungan bibit lele dari JSM Jepara

Jeparamu.or.id – Pimpinan Daerah Aisyiyah(PDA) Jepara- Dalam program katavid PDA jepara menggerakakn roda dalam bantuan stimulan lele yang bekerja sama dengan koperasi Jaringan saudagar muhammadiyah(Koperasi Jasamu) jepara atau sering disebut JSM.

Tepat saatnya dalam ketahanan pangan dan warung hidup untuk mengembangkan sayap dengan bertebar kiprah dimasing – masing bidang.Dimana kegiatan Budikdamber salah satu wahana pembudidayaan ikan dalam ember sekaligus bertanam kangkung atau sayur jenis lainnya.Pada tanggal 16/5/2020 lele dibagikan kepada semua pimpinan cabang Aisyiyah se kabupaten jepara,dan pas berusia satu bulan ditanggal 16/6/2020,kini lele sudah berkembang cukup besar dan semakain bertambah banyak menu makananya.

Semula ukuran antara 7-8cm,kini sudah kian bertambah besar dan panjang mencapai 12-15cm,dengan makanan treambel khusus pakan lele yang disertakan juga dari JSM Satu(1) kg setiap 200 lele .

Sangat senang dan berbahagia bagi semua yang sudah merasakan manfaat budikdamber,ketika usia belum Satu bulan kangkung sudah bisa dipanen untuk konsumsi dan tambahan gizi pad keluarga.bermacam jenis kangkung yang ditanam,ada kangkung biji,cabut,dan kangkung air,bahkan sudah bisa panen 2 kali dalam waktu sebulan.

Ada 15 cabang dan 30 KK yang sudah memulai dalam program Katavid 19 di kabupaten jepara.
Dengan mengganti air ketika air dalam ember sudah keruh dan bau,akan membuat perkembangan lele semakin bagus dan berpengaruh kepada hasil panen dan rasa enak serta gurih ketika dikonsumsi.
Sebagai kabid 2 katavid PDA jepara, Kusnitah menambahkan informasi dan sedikit ilmu dalam pembudiyaan lele ini “akan bertambah peminat dan pecinta budikdamber kedepannya”.

Semangat dan mendukung program ini Trisno yang memprakarsai di JSM dibantu Amin Makruf begitu memberikn apresiasi dan ajungan jempol kepada ibu-ibu Aisyiyah sekabupaten jepara yang benar- benar tangguh dalam era new normal saat ini.

Kontributor-Kusnitah- Kabid 2 Katavid Jepara

Total Page Visits: 248 - Today Page Visits: 1