29/11/2022

Monev Bank Sampah Membawa Berkah

Keling – Bank Sampah Pupurlelet Wulan Aji ( PPW) yang di ketuai Kusnitah, Rabu(24/6/2020) bertepatan tanggal 3 Dzulqadah1441 H menindak lanjuti program monitoring ke Bank Sampah Unit (BSU) sewilyah Utara Jepara diantaranya Kecamatan Kembang,Keling dan Donorojo . Saat ini sudah berjalan 3 kali dalam periode tahun 2020 diakhir bulan juni ini.

Tidak akan tinggal diam PPW yang di bawah binaan sanitarian Setyo Wardoyo UPTD Puskesmas Keling 1 ini tetap semangat dan selalu memberikan dukungan baik materi,waktu juga bimbingan serta pendampingan sampai saat ini.

Dalam kegiatan monev saat ini di BS Patma(Empat Lima)yang di ketuai Sulistiyaningsih desa Watuaji Rt 04/05 RW 01 Kecamatan Keling pukul 08.00-12.00 WIB.
Hadir dalam pertemuan monev tersebuat adalah 15 orang yaitu pengurus PPW( Kusnitah,Al Alamin,Mualifah) Sanitarian(Setyo Wardoyo), BSIJ(Nasirin), Ketua BS Patma dan tuan rumah (Sulistyaningsih),Pengurus BSU Patma dan Petinggi WatuajiJunaidi), Bidan Desa(Mufarrichah),RT 05 (Abdul Malik).

Sebagai petinggi Junaidi,kini sangat senang sekali dan mengapresiasikan kegiatan monev serta kunjungan saat ini dan minta maaf atas waktu ini yang tidak bisa mendampingi sampai akhir acara karena agenda yang tidak bisa ditinggalkan karena agenda pisah sambut Camat Keling. ” Terima kasih kepada Sulistyaningsih yang sudah mengikuti kegiatan bank sampah selama 2 tahun ini,insyaaAllah bulan depan kita membentuk BSU di dukuh – dukuh lain di watuaji ini”harapan beliau.
Dan terima kasih kepada segenap Team yang sudah hadir dalam kegiatan ini kami siap mendukung “tambahnya”.

Sampai saat ini Setyo Wardoyo sanitarian puskesmas keling 1 yang selalu sabar mendampingi pengurus PPW,juga menyampikan dengan jelas dan gamblang mengenai keberadaan BS yang ada di sini adalah bukan milik puskesmas,melainkan milik pemdes watuaji di bawah naungan PPW dan menginduk ke Bank Sampah Induk Jepara(BSIJ)”tegas beliau”.

Sangat detil sekali ketika Nasirin perwakilan dari BSIJ menyampaikan pengalamannya mengenai lingkungan penggiat sampah selama ini. pesan beliau”saat ini kita tidak membakar sampah plastik maupun sampah basah karena dengan kita memilah sampah,kita bisa kreasikan menjadi produk yang menghasilkan rupiah.
Begitu juga dalam sambutan ketua PPW Kusnitah menambahkan bahwa monev saat ini ingin mengatahui sejauh mana perkembangan BS Patma,dengan melengkapi administrasi akan membantu program BSIJ dalam pelaporan kegiatan penimbangan tiap bulan.

Kegiatan di BS Patma meliputi Penimbangan,kreasi bunga(cabe,lidah mertua,anggrek dan tulip).
Usai Kegiatan monev kita sempatkan waktu untuk menghampiri lokasi wisata Watu Gebyok yang tak jauh dari lokasi. Asal mula nama watuaji karena daerah ini banyak ragam batu yang berada di pekarangan milik warga.diantaranya watu gebyok milik Suyetno usia 70 tahun yang masih setiap hari berkebun dan bercocok tanam padi, yang kita kunjungi saat ini yang sebentar lagi mau di exsekusi jadi Desa Wisata Watu Gebyok.

Kontributor – Kusnitah -Kader DLH Jepara

Total Page Visits: 639 - Today Page Visits: 1
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com