22/04/2021

MUHAMMADIYAH DEMAK PEDULI KORBAN MUSIBAH CORONA


JEPARAMU.OR.ID – (Demak) Pandemi virus Corona hingga saat ini masih terus akibatkan jatuhnya korban, ketika melihat berita korban Corona yang terus bertambah di tingkat nasional, bahkan di banyak Daerah seperti Demak menurut Dr. Singgih Setyono, mmr dari pemerintahan setempat Beliau menerangkan Kabupaten Demak masuk Zona Kuning, karena sdh ada dua orang korban positif Corona.


Warga Muhammadiyah Demak prihatin dan terusik dengan musibah itu, sehingga oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Aisyiyah (PDA) Demak terketuk untuk memfasilitasinya dengan diselenggarakannya kegiatan yang beruntun dalam rentang waktu setengah bulan ini yang selalu fokus permasalahan pandemi virus Corona dengan dana sukarela yang dikumpulkan warga Muhammadiyah yang dimanageri oleh Lazis-Mu Demak.


PDM dan PDA Kabupaten Demak bagi-bagi santunan dan sembako gratis kepada mereka yang secara tidak langsung menjadi korban dampak virus Corona pada Rabu, 8 April menjadi perhatian menarik oleh masyarakat setempat karena mereka merasa terbantu dengan beban yang berat yang disebabkan musibah Corona, mereka adalah OJOL, guru PAUD, guru Kelompok Bermain dan pelaku UMKM. Padahal dengan banyak warga yang mengurangi mobilitasnya seperti driver ojek online (ojol) termasuk pekerja yang terdampak dengan berkurangnya mobilitas di masyarakat maka berkurang pula pendapatan yang mereka peroleh. Sebagai pekerja yang mengandalkan pendapatan harian dari mobilitas masyarakat, banyak driver ojol yang kehilangan penghasilan hariannya sampai 70%.


Kegiatan tersebut dilaksananakan di halaman Masjid Darussalam komplek Muhammadiyah Center, dihadiri oleh pengurus Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Demak dan peserta yang akan menerima bantuan santunan dan sembako kurang lebih 80-an orang.
Ahmad Ghufron, Direksi Program Lazis-Mu Demak menuturkan kegiatan bagi-bagi santunan dan sembako gratis itu merupakan kegiatan yang kesekian kalinya oleh PD Muhammadiyah Demak, Lazismu dan semua ortom, hal ini akan terus diupayakan untuk waktu selanjutnya sebagai bentuk partisipasi kepedulian Muhammadiyah Demak melawan pandemi virus Corona.


Beberapa kegiatan yg sudah dilakukan yaitu kursus pembuatan dan pembagian Hand-Sanitizer, kursus pembuatan dan pembagian masker, pembagian 250 Sembako, penyemprotan disinfektan di 10 unit sarana pendidikan Muhammadiyah, 15 tempat ibadah, 15 pondok pesantren, 5 unit perkantoran, 3 unit panti dan 4 desa yg semua kegiatan itu dikoordinir oleh Posko Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), yang pembentukan tim ini merupakan sebuah tindak lanjut dari penugasan kepada Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) untuk melakukan koordinasi.


Dalam acara tersebut peserta bagi2 santunan dan sembako gratis itu diingatkan sesuai dengan imbauan pemerintah untuk berdiam di rumah dan melakukan physical distancing. Kegiatan berlangsung tertib dan lancar, meski di sore harinya masih ada OJOL lain yang datang terlambat hadir dan mencari informasi kegiatan tersebut, oleh Hening Wulandari, PD Aisyiyah Demak mereka ditemui dan diminta untuk sabar menanti kegiatan selanjutnya yang akan diumumkan nanti, disamping karena hari itu sembako habis.

Kontributor : Azam

Total Page Visits: 735 - Today Page Visits: 1

2 thoughts on “MUHAMMADIYAH DEMAK PEDULI KORBAN MUSIBAH CORONA

  1. Selamat dan sukses media informasi JeparaMu. insya Allah banyak memberikan manfaat kepada masyarakat, amin… Barokallah!

Comments are closed.