11/05/2021

PENGURUS MASJID AL-ISTIQOMAH TAHUNAN JEPARA BERBAGI SANTUNAN DENGAN ANAK YATIM

Tahunan,(2/5/2021) : Masjid Al-Istiqomah Randusari Tahunan Jepara mengadakan kegiatan Ramadhan berupa buka bersama yang kali ini lain dari biasanya, karena juga diikuti kehadiran anak yatim sejumlah 12 anak yang berasal dari sekitar lingkungan Masjid Al-Istiqomah Tahunan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Ahad, 2 Mei 2021 atau bertepatan dengan 20 Ramadhan 1442 H. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Takmir Masjid Al-Istiqomah, H. Eko Sudarmadji, sesepuh H. Zam Zam, H. Muthofi’i, H. Sayuti, Hj. Siti Mariyati, Pimpinan Ranting Aisyiah Tahunan Ibu Hj. Dwi Hidayatsih, pengisi tausiyah, Ustadz Darwita yang sekaligus Imam Sholat Magrib berjamaah.

Buka bersama yang dibarengi dengan pemberian santunan anak yatim merupakan agenda rutin setiap tahun dari Pimpinan Ranting Aisyiyah Tahunan yang pada bulan Ramadhan 1442 H kali ini dengan jumlah anak yatim yang menerima santunan sebanyak 12 anak berasal dari sekitar lingkungan Masjid Al-Istiqomah, terdiri dari wilayah RT 02/1 sebanyak 3 anak, RT 03/1 sebanyak 2 anak, RT 03/2 sebanyak 2 anak, RT 01/1 sebanyak 3 anak dan RT 01/3 sebanyak 2 anak.

Kegiatan pemberian santuan anak yatim yang dimulai dengan Pembukaan (Ibu Hj.Zenik Widayati), dilanjutkan Siraman Rohani sekaligus do’a (Ustadz Darwita/PCM Tahunan), diteruskan dengan sambutan Pimpinan Ranting Aisyiyah Tahunan (Hj. Dwi Hidayatsih) serta pemberian santunan dan diakhiri dengan buka bersama serta sholat magrib berjamaah.

Ustadz Darwita dalam awal tausyiahnya berharap bahwa kegiatan santunan anak yatim ini mendapatkan pahala dan ridlo dari Allah, SWT. “Semoga pengurus Masjid Al-Istiqomah senantiasa istiqomah untuk melaksanakan kegiatan santunan anak yatim setiap bulan Ramadhan. Rasa syukur juga dipanjatkan kepada Bapak/Ibu yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk di infakkan kepada anak yatim semoga mendapatkan keberkahan,” terangnya.

Lebih lanjut Ustadz Darwita menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan kaum muslimin/muslimat dilingkungan kita ini telah memahami di wahyukannya Allah, SWT dalam surat Al-Ma’un. “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna,” jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama dalam waktu yang berbeda usai Ustadz Darwita menyampaikan tausiyahnya, Ketua Pimpinan Ranting Aisyiyah Tahunan, Hj. Dwi Hidayatsih mengucapkan terima kasih kepada Ibu-Ibu Aisyiyah Ranting Tahunan, Ibu-Ibu warga PKK RT 02/I, Bapak-Bapak RT 02/I dan jamaah Masjid Al-Istiqomah yang telah bekerjasama sehingga dapat terlaksananya kegiatan santunan anak yatim kali ini. “Semoga amalan tersebut mendapatkan imbalan yang berlipat ganda dari Allah, SWT.,” imbuhnya.

Dalam laporannya, Ketua Pimpinan Ranting Aisyiyah Tahunan menjelaskan bahwa kegiatan santunan anak yatim dilingkungan sekitar Masjid Al-Istiqomah dilakukan setiap bulan Ramadhan. “Alhamdulillah santunan anak yatim bulan Ramadhan kali ini sebanyak 12 anak yang terdiri dari wilayah RT 02/1 sebanyak 3 anak, RT 03/1 sebanyak 2 anak, RT 03/2 sebanyak 2 anak, RT 01/1 sebanyak 3 anak dan RT 01/3 sebanyak 2 anak. Kami tidak hanya memberikan santunan untuk setiap tahunnya di bulan Ramadhan tetapi juga di setiap bulannya kami juga membantu biaya SPP anak yatim tersebut yang kami kirimkan secara langsung kepada anak-anak yatim tersebut,” jelasnya.

Dalam akhir sambutannya Ketua Pimpinan Ranting Aisyiyah Tahunan memberi semangat terhadap anak yatim yang menerima santunan untuk tetap semangat belajar, menuntut ilmu setinggi-tingginya, menjadi anak yang sholeh dan sholekhah yang berbakti kepada orang tua,” pesannya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan memberikan santunan kepada 12 anak yatim yang diserahterimakan dari Ketua Pimpinan Ranting Aisyiyah Tahunan kepada para anak yatim tersebut serta diakhiri dengan foto bersama. Usai serah terima diteruskan dengan buka bersama dan sholat magrib berjamaah dengan Ustadz Darwita sebagai iman sholat magribnya.

Pesan moral yang dapat kita petik dalam kegiatan santunan anak yatim adalah “Ternyata masih banyak anak-anak di sekitar lingkungan kita yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang. “Seseorang yang memutuskan untuk memberikan sedekah atau memberikan santunan terhadap anak yatim artinya mereka akan mendekatkan diri mereka pada pintu surga”, dengan memberikan santunan anak yatim maka akan membuat semakin aman dan nyaman dalam menjalankan ibadah lainnya. Semoga kita sebagai hamba Allah SWT selalu mendapatkan lindungan dan bantuan dari Allah SWT dengan saling berbagi kepada anak yatim, Aamiin…..

Kontributor : Muslim

Total Page Visits: 54 - Today Page Visits: 1

Leave a Reply