11/05/2021

RANTANG KEMBALI SEMARAKKAN NUANSA RAMAH LINGKUNGAN

Rantang adalah suatu wadah atau tempat makanan jauh sebelum munculnya berbagai tipe kotak makan seperti saat ini, sudah lebih dulu terkenal dan populer.

Pada zamannya rantang bahkan sudah biasa digunakan sebagai wadah apabila bepergian yang kerap diperlukan untuk mengemas makanan yang dibawanya.

Penilaian peradaban yang kemudian berubah, anggapan kuno atau tidak keren, rantang sebenarnya punya banyak kegunaan dan sesuai dengan gaya hidup ramah lingkungan dan juga hemat karena dapat dipakai ulang.Kini rantang kembali dikenal karena digunakan sebagai wadah makanan praktis dan juga mengurangi sampah, wadah makanan ini juga memiliki multi fungsi.

Mencermati Firman Allah SWT, “Makan dan minumlah rizki yang diberikan Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan,” Al-Baqarah ayat 60, Patut kita renungkan bahwa kita semua harus mensyukuri nikmatNya lewat rejeki dari makan dan minum dengan tetap mencegah juga mengurangi resiko bencana baik alam maupun non alam.

Wadah makan minumpun perlu diselaraskan penyajiannya, tidak asal pakai, harus kurangi sampah plastik.Mari kita dukung Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS) jelang muktamar mendatang, mensukseskannya hingga membuahkan hasil menuju Green Muktamar.Fastaniqul Khairot Kamis, 29 April 2021 M17 Ramadhan 1442H

Penulis : Deny Ana I’tikafiaKetua Divisi Lingkungan HidupLLHPB PWA jateng.

Total Page Visits: 115 - Today Page Visits: 4

Leave a Reply