22/04/2021

SEJARAH TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) TAHUNAN

Kontributor : Muslim

Jeparamu.or.idJepara-Berdirinya Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal bermula pada tahun 1963 adanya seseorang yang bernama Bapak Sri Satoto (alm) adalah seorang guru dari Semarang yang ditugaskan di Jepara untuk mengajarkan Bahasa Inggris bagi pemuda-pemuda dengan lokasi tempat pendidikan di rumah Bapak H. Kosim (alm) daerah Pekeng Tahunan. Para pemuda sangat antusias sekali mengikuti pendidikan Bahasa Inggris tersebut sehingga jumlah pesertanya sangat banyak sekali. Kegiatan tersebut sangat didukung oleh Petinggi Desa Tahunan, Bapak Jayadirejo (alm) sehingga dari perangkat-perangkat mengiriman pemuda-pemuda dari dukuh-dukuh yang ada di Desa Tahunan untuk mengikuti pendidikan Bahasa Inggris tersebut. Selaku pengajar Bahasa Inggris, Bapak Sri Satoto juga mempunyai misi khusus untuk mengembangkan organisasi Muhammadiyah. Misi ini akhirnya lama kelamaan diketahui terutama dari pimpinan Nahdlotul Ulama Tahunan sehingga akhirnya peserta pendidikan Bahasa Inggris makin lama makin habis. Karena berkurangnya para pemuda yang belajar Bahasa Inggris, akhirnya Petinggi Desa Tahunan, Bapak Jayadirejo (alm) berbicara dengan Bapak H. Mashadi (H.Zam Zam) karena dulunya yang membawa dan kenal baik Bapak Sri Satoto (alm) adalah Bapak H. Mashadi (H. Zam-Zam). Dari hasil pembicaraan tersebut akhirnya Bapak Jayadirejo (alm) memutuskan Bapak Sri Satoto untuk mengajar di rumah Petinggi Desa Tahunan untuk mengajar Bahasa Inggris ditambah dengan pendidikan ke Islaman yang berlatar belakang Muhammadiyah. Akhirnya masyarakat sekitar lingkungan mendukung kegiatan tersebut sehingga makin lama bertambah ramai. Karena makin lama semakin ramai sehingga timbul pemikiran untuk tidak dicampur antara pendidikan Bahasa Inggris dengan pendidikan ke Islaman tersebut, akhirnya Bapak Lambang Pono turun tangan untuk membantu kegiatan tersebut. Bapak Lambang Pono (alm) adalah mubaligh asli Jepara yang  dulu dari Klaten, jadi guru di Jepara kemudian menikah di Jepara yang kemudian akhirnya menjadi mubaligh andalan daerah Jepara. Dari sinilah akhirnya mulai pengisian kegiatan agama Islam seperti akidah, fiqih dan lain-lainnya. Dari kegiatan-kegiatan pendidikan Bahasa Inggris, pendidikan agama Islam, akhrinya terpikirkan amal usaha Muhammadyah disamping mengaji yang dilaksanakan setiap malam Jum’at, juga terbesit ide untuk membentuk ke organisasian.

Pada tahun 1963 kegiatan yang terlaksana pada waktu itu yang terpikirkan hanya mengaji dan mengaji yang diikuti dilingkungan sekitar dari para sesepuh seperti Bapak H.Mashadi, H. Kasran (alm), H. Karimun (alm), H. Muthofi’I Hidayat, Marsani, Wadi (alm) semua ikut mengaji. Akhirnya terpikirkan untuk mendirikan organisasi, kira-kira apa yang harus dibuat lebih dahulu.  Akhirnya ibu-ibu Aisyiyah yang sebagai pendorong ibu Hj. Fatemi (almh) mengusulkan dibentuknya Taman Kanak-Kanak. Rencana selanjutnya mencari guru untuk mengajar di TK ABA tersebut. Akhirnya dikursuskanlah 4 orang kader untuk menjadi guru TK selama 15 hari, yang diadakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang bertempat di rumah Bapak Mustajab. Setelah 4 kader tersebut yang terdiri dari : Bu Mi’ah Mardi, Bu Sumiyati (almh), Bu Suminah (almh) dan Bu Arbainah (almh) sudah dikursuskan, maka putra/putri Aisyiyah yang berusia  4 – 5 tahun dikumpulkan di rumah Bapak Mashadi untuk dididik di TK yang saat itu merupakan satu-satunya TK yang ada    di Desa Tahunan.

Bapak/Ibu kader Muhammadiyah/Aisyiyah Ranting Tahunan mulai mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk berjalannya kegiatan belajar mengajar di TK yang di mulai pada tanggal 21 April 1967 yang bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Karena belum ada gedung untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar TK tersebut, akhirnya dicari rumah siapa yang mau ditempati untuk sementara kegiatan belajar mengajarnya.

Selama kurang lebih 5 tahun TK berpindah-pindah tempat di 4 rumah warga, antara lain :

1. Dari rumah Bp. Mashadi ke rumah Bp. Sartono (alm)

2. Dari rumah Bp. Sartono (alm) ke rumah Bp. Wadi (alm)

3. Dari rumah Bp. Wadi (alm) ke rumah Bp. Baku (alm)

 Akhirnya pada tahun 1970, diatas tanah wakaf milik Petinggi Desa Tahunan, Bapak Jayadirejo (alm) didirikanlah Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal. Mulai sejak tahun itulah TK ABA Tahunan mempunyai bangunan fisik permanen yang di didirikan persis di depan Masjid Al-Istiqomah. Berdirilah TK ABA dengan bangunan fisik yang permanen hingga saat sekarang ini bangunan tersebut masih berdiri kokoh belum ada perubahan sama sekali yang sekarang dipergunakan untuk pendidikan PAUD.

Karena semakin lama muridnya semakin banyak sedangkan bangunan sempit, letaknya di tepi jalan sehingga baik dari segi bangunan yang sempit dan segi keamanan yang dekat dengan jalan raya, kurang untuk memenuhi syarat untuk kegiatan belajar mengajar bagi anak-anak TK. Dari latar belakang tersebut, akhirnya timbullah pemikiran untuk memindahkan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal ke tempat lain dengan kapasitas murid yang lebih banyak. Akhirnya setelah beberapa kali rapat, ibu-ibu Aisyiyah mengusulkan gedung Pondok Pesantren dan Balai Latihan Kerja yang

letaknya juga tidak jauh dari gedung utama TK ABA Tahunan, untuk dialihkan fungsinya menjadi gedung TK ABA Tahunan sebagai tempat kegiatan belajar mengajar. Para pemuda akhirnya juga tidak keberatan, untuk program pesantren dan latihan kerja mengukir dibatalkan dan dijadikannlah sebuah Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal, sedangkan bangunan TK utama daripada kosong, akhirnya dipergunakan untuk kegiatan belajar mengajar PAUD.

Barulah pada tanggal 23 Juni 2004, dengan menempati tanah wakaf milik H. Ngadimin (alm). dengan nomor sertifikat tanah No. 11.13.12.08.1.2451 dengan luas tanah 555 m2,  TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tahunan Jepara akhirnya diresmikan dan menempati gedung TK sendiri dengan lokasi tidak jauh dari gedung TK ABA Tahunan yang lama. Peresmian gedung baru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tahunan Jepara diresmikan oleh Bapak Camat Tahunan yang disaksikan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jepara (Sadzali), Pimpinan Ranting Aisyiyah Tahunan (Hj. Dwi Hidayatsih), Ketua Komite (H. Sofyan Duri), Anggota Komite (Sutrisno), Ketua Majelis Dikdasmen (Lis Corini) dan Kepala TK Aisyiyah Bustanul Athfal (Fitri Wahyuningsih) beserta jajarannya.

Berhubung jumlah muridnya dari tahun ke tahun bertambah banyak, maka pengurus Muhammadiyah/Aisyiyah Ranting Tahunan membentuk Komite Sekolah untuk perluasan gedung TK, maka setelah diadakan beberapa kali pertemuan disepakati gedung yang semula keperuntukannya untuk Pondok Pesantren dan Balai Latihan Kerja dialihkan fungsinya menjadi gedung Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal dengan melengkapi berbagai fasilitas untuk kegiatan belajar mengajarnya.

Hingga saat ini, TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tahunan masih terus berusaha mengadakan pembenahan dan peningkatan dalam berbagai bidang, baik peningkatan kualitas maupun peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dengan maksud agar guru dan anak didik dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan senang, tertib, lancar, tenang, dan nyaman di lingkungannya sehingga mutu pendidikan dapat optimal sesuai harapan.

DASAR HUKUM DAN SUMBER DATA

1. Sertifikat NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) : 20343212

2. Surat Persetujuan Pendirian Sekolah Swasta dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah Kantor Kabupaten Jepara No.: 7660/103.20/N.1993, tanggal 12 Desemeber 1991

3. Surat Tanda Terdaftar di Pimpinan Pusat Aisyiyah Bagian Pendidikan dan Pengajaran No.: C-528/A/V/’78, tertanggal 15 Mei 1978

4. Surat Tnda Terdaftar di Pimpinan Daerah Aisyiyah Jepara Bagian Pendidikan dan Pengajaran No. 17/C/PAD/’78, tertanggal 29 April 1978.

5. Ustadz Agus Arifin (ustdaz/sesepuh)

6. H. Muthofi’I Hidayat (sesepuh)

7. Eko Sudarmadji, SH. (Ketua Takmir Masjid Al-Istiqomah

8. Fitri Wahyuningsih, S.Pd. (Kepala TK ABA Tahunan)

Total Page Visits: 330 - Today Page Visits: 1