jeparamu.or.id

“TABUSPOT” Inovasi Aisyiyah di Masa Pandemi

Suratmi, Kader Aisyiyah Tahunan Jepara menanam dengan TABUSPOT

Penulis: Liscorini
(Ketua gugus tugas katavid PDA Jepara)

Tabuspot atau Tanam Buah Sayur Dalam Pot adalah salah satu cara menanam berbagai macam sayur dan buah di dalam pot seperti sayur bayam kangkung kenikir terong aneka macam cabe serta buah-buahan tomat stroberi dan jambu biji. Adapul tanaman rempah rempah antara lain jahe kunyit kencur kunci pandan juga kelor yang terkenal sebagai herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terpapar corona virus.

Ditengah masa pandemi yang mengharuskan untuk tetap dirumah (stay at home) menjadikan banyak waktu untuk mencurahkan kreatifitas diri mengerjakan tabuspot dirumah. Jangan dibayangkan berapa jumlah uang yang dianggarkan untuk membeli pot dalam jumlah banyak . Pot ( tempat tanam ) menggunakan sampah rumah tangga . Terutama sampah plastik dan kaleng yang tidak bisa terurai dalam tanah . Plastik bekas bungkus minyak goreng , plastik beras , gandum , gula dll yang berukuran besar .

Bukan tanpa alasan mengapa tabuspot yang dipilih . Mengingat banyaknya bibit sayuran yang sudah waktunya menanam . Jika bibit ini tidak segera ditanam akan mengalami kekerdilan yang bisa mengakibatkan berkurangnya tingkat kesuburan tanaman . Alasan lainnya adalah harga pot terlalu mahal .

Ibu suratmi seorang ibu rumah tangga aktifis aisyiyah dan juga organisasi sosial lainnya . Tinggal di desa kecapi rt 32 rw 06 terletak pinggiran kota kurang lebih 5 km dari kota kabupaten jepara . Ibu Suratmi bersama suami Bapak wahyudi seorang pendidik yang juga harus bekerja dari rumah selama masa pandemi ini saling membantu dlm tabuspot setiap pagi dan sore hari bahkan tidak terbatas waktu didalam pencarian plastik bekas . Namun ibu ratmi yang juga aktifis bank sampah sangat terbantu dg adanya organisasi bank sampah yg beliau kelola sehingga dlm hal pengadaan pot plastik ibu ratmi tidak banyak kendala .

ibu suratmi dan keluarga menata dengan rapi di jalanan rumah . Alhamdulillah pekarangannya cukup luas sehingga tampak rapi dan menarik perhatian karena pot nya warna warni . Kuning hijau . Orange .dan warna lainnya .

Tabuspot dilakukan setiap hari mulai dari pembenihan kemudian menanamnya di dalam pot plastik dan merawat tanaman . Setiap pagi dan sore hari keluarga ini selalu mengoreksi tanaman supaya terhindar dari cabuk dan serangga .

Ibu suratmi dan keluarga memulai tabuspot dengan cara mengumpulkan plastik bekas yang berukuran besar dan tebal , membersihkannya dan mengisinya dengan media tanam yang sudah dipersiapkan . Media tanam didapat dari campuran tanah liat pupuk kandang dan sekam padi selanjutnya menanam bibit2 sayuran dan buah yang sudah siap ditanam . Dan apabila kita lewat di depan rumah beliau akan tertarik melihat pemandangan hijau dengan pot warna warni dibawah pohon sayur dan buah .

Jepara, 4 Mei 2020

Exit mobile version