Berita Terbaru

Istimewanya Rakercab Muhammadiyah Mayong

Loading

MAYONG – Rapat Kerja Cabang Muhammadiyah Mayong yang dihelat dan kelar dilaksanakan pada Ahad, 18 Dzulqa’dah 1445H bertepatan dengan 26 Mei 2024 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Mayong. Tak terkecuali para peserta Raker merasa antusias mengikuti kegiatan resmi organisasi dari awal hingga usai acara. Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mayong yang punya hajad pun merasa lega karena langkah awal untuk melaksanakan amanah Musycab terlampaui.

Pada kegiatan yang membahas program strategis setahun yang akan datang ini dihadiri dan dibuka secara istimewa oleh ketua PDM Jepara yaitu Kyai H. Fachrurozy,SE. Seluruh elemen Muhammadiyah Mayong nampak semangat dengan bukti kehadirannya. Mulai dari Pimpinan AUM, nampak hadir secara pribadi Direktur RS PKU Muhammadiyah Mayong Dokter Hj.Titik Sumarni, MKM, Pimpinan Ranting Muhammadiyah se-Cabang Mayong, Ortom Pimpinan Cabang Aisyiyah, Angkatan Muda Muhammadiyah Pemuda Muhammadiiyah, Nasyiatul Aisyiyah dan perwakilan Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Kehadiran mereka menjadi bukti benar-benar adanya konsolidasi dan koordinasi yang berjalan secara sistem.

Barangkali inilah yang menjadi keistimewaan Rakercab PCM Mayong kali ini. Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mayong dengan AUM besarnya, yakni RS PKU Muhammadiyah Mayong, SMA dan SMK Muhammadiyah Mayong, sehingga para pemangku amanah merasa tidak terhalang kendala yang berarti dalam menggerakkan roda organisasi, dari segi support sistem seakan berjalan ideal dan menjadi spirit tersendiri bagi para pimpinan yang memiliki daya juang dalam menyiarkan Islam berkemajuan lewat pergerakan Muhammadiyah Mayong. Walau dinamika organisasi tetap menjadi warna tersendiri.

Dalam sambutannya Ketua PCM Mayong Ustadz Akhmad Faozan menyampaikan betapa pentingnya menanamkan kolektif kolegial dalam memperjuangkan Muhammadiyah. Kebersamaan dan keutuhan harus dikedepankan. Maka Rakercab ini sebagai sarana untuk mengawali program PCM Mayong ke depan. Hal ini sesuai dengan tema, “Merajut ukhuwah, menegakkan Khittah”.

Demikian juga dengan sambutan Ketua PDM Jepara, yang dalam sambutannya beliau mengingatkan lewat Surat Al Baqarah ayat ke 177, dengan penggalan yang berbunyi, “wal-mụfụna bi’ahdihim iżā ‘āhadụ, Artinya : dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji,” Lanjutnya ayat ini mengingatkan kepada kita bahwa kita telah berjanji dihadapan Allah bahwa pergerakan berupa amal yang mulia lewat persyarikatan Muhammadiyah ini harus dilaksanakan dan memulainya dengan diawali rapat kerja. Apresiasi yang setinggi-tingginya untuk PCM Mayong yang telah mengawali melaksanakan Rakercab dibandingkan dengan Cabang yang lain.

Dalam pelaksanaan Rakercab kali ini, terbagi dalam 2 rapat pleno. Pleno pertama disampaikan oleh Ketua PCM sendiri, dengan menyampaikan program kerja selama lima tahun, yang dibreakdown dalam kurun waktu satu tahun ke depan. Tersampaikan secara keseluruhan dan ada beberapa program yang menjadi prioritas program yang menjadi rekomendasi program yang ditanfidzkan. Dilanjutkan dengan pandangan-pandangan dari seluruh peserta., selama durasi 1 Jam paparan program selesai.

Pada pleno kedua, menjadi sesi yang khusus dan memberikan porsi khusus bagi seluruh perwakilan PRM dan Ortom. Pada pleno kedua ini lebih memperdalam pada penyampaian persoalan yang dihadapi oleh masing-masing ranting. Dengan karaktertistik masing-masing ranting, mengharuskan Pimpinan Cabang untuk memberikan porsi perhatian khusus pada pleno kedua ini. Inilah sebenarnya peran dan tugas pimpinan di atasnya, hendaknya memperhatikan persoalan apa yang dihadapi oleh ranting sebagai akar rumput. Kemudian menjadi kesimpulan dan harus ditindak lanjuti untuk melaksanakan atas apa yang menjadi keputusan Rapat Kerja dan masukan dari seluruh peserta Rakercab. Rakercab selsai ditutup bertepatan dengan kumandang adzan Dhuhur.

Kontributor : Akhmad Faozan, S.Ag, M.Pd.

Total Page Visits: 190 - Today Page Visits: 6
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com