Berita Terbaru

Parenting “Home Education”

Loading

jeparamu.or.id Parenting KB & TK AISYIYAH 13 purwogondo Kalinyamatan merupakan suatu kolaborasi cantik antara pihak sekolah dengan walimurid yang tergabung dalam IKWAM (Ikatan Wali Murid) KB & TK AISYIYAH 13 Purwogondo, berrlangsung pada hari Selasa, 20 Shafar 1445 H/ 05 September 2023 M, bertempat di Aula SMP MUH 05 kalinyamatan. Kegiatan parenting ini merupakan program / agenda sekolah yang diharapkan bisa memberikan ilmu pada orangtua murid khususnya dalam mendampingi pertumbuhan dan perkembangan putra putrinya sebagai pendidikan dirumah. Selain itu pelaksanaan parenting kali ini juga mendapat suport dan dukungan dari komite serta pengurus KB dan TK Aisyiyah 13 Purwogondo menurut penjelasan Nurul Hidayah selaku kepala sekolah TK Aisyiyah 13 Purwogondo.

Kegiatan seminar parenting kali ini juga dihadiri oleh ketua PCA Kalinyamatan Noor Syafaah beserta pengurus KB dan TK Aisyiyah Purwogondo. Hadir juga ketua komite Zaini, S.Pd serta wakil dari satkordik Kalinyamatan yang diwakili oleh bapak Mustofa, S.Pd. pembukaan seminar parenting dimulai pukul 08.30 – 09.30 wib dan dilanjutkan paparan materi parenting oleh Dyah Fitriana, S.Psi.

Dyah Fitriana, S.Psi menyampaikan pentingnya “Home Education” atau pendidikan dalam keluarga karena waktu yang dua puluh empat jam dalam satu hari satu malam itu sebagian besar kita gunakan bersama anak-anak kita masing-masing. Rumah dan orangtua merupakan tempat parenting yang paling baik untuk anak-anak kita. Kita Orang tua akan menjadi teladan yang terbaik dan paling baik untuk anak-anak kita.
Beberapa Prinsip Home Education :

  1. Allah-lah pendidik sejati.
  2. Tugas ayah dan ibu dalam mendidik tidak bisa didelegasikan. Harus hadir sejak usia anak 0-15 tahun.
  3. Rumah adalah tempat mendidik utama & terbaik.
  4. Well schooled belum tentu well educated.
  5. Pendidikan hebat tidak selalu menghasilkan peradaban hebat.
    Karakter alami (fitrah) & moral (adab & akhlaq) itu di rumah bersama orangtua.
  6. Sekolah fokus skill & knowledge.
    7.Setiap keluarga punya gen, keunikan sendiri-sendiri.
  7. Kita butuh orang sekampung untuk mendidik anak. Mendidik anak tetangga sama dengan menyiapkan pendidikan anak kita.
  8. Home Education adalah kewajiban, bukan pilihan.
  9. Home Education bukan memindahkan persekolahan ke rumah, bukan pula menjejalkan (outside in) berbagai hal kepada anak-anak kita, namun membangkitkan dan menumbuhkan (inside out) potensi fitrah-fitrah dalam diri kita dan anak-anak agar mencapai peran sejati peradabannya dengan semulia-mulia akhlaq.
  10. Tidak berlaku kaidah lebih cepat lebih baik. Semua ada waktunya sendiri-sendiri.
    HE adalah tugas dari Allah, maka akan Allah cukupkan. Allah tidak memanggil yang mampu, tetapi Allah memampukan yang terpanggil.
  11. Kitalah orangtua versi terbaik menurut Allah untuk anak-anak kita, ahli parenting terbaik untuk anak-anak. Jika kita memiliki satu anak, maka Allah akan berikan satu ilmu parenting. Jika kita memiliki sepuluh anak, maka kita memiliki sepuluh ilmu parenting.
  12. HE tidak membentuk anak super (hebat), tetapi membentuk anak yang berorientasi pada surga karena kebermanfaatannya.

Itulah diantaranya paparan parenting yang dsampaikan oleh pembicara Dyah Fitriana, S.Psi dalam parenting di KB dan TK Aisyiyah 13 Jepara. Acara parenting diakhiri dengan pembagian door prize bagi peserta yang sudah mengikuti kegiatan sampai selesai diantaranya bagi orangtua murid yang membawa anak balitanya serta orangtua murid yang harus ijin dari kegiatannya sebagai guru untuk bisa dan setia mengikuti kegiatan parenting sampai selesai dan ketinggalan juga untuk dua orang bapak-bapak yang enjoy bergabung dengan ibu-ibu demi belajar bagaimana mendidik anak dirumah. Acara parenting ditutup tepat pukul 11.30 wib dengan menyanyikan lagu sugeng siang bersama-sama.

Kontributor: Nurul H

Total Page Visits: 1051 - Today Page Visits: 6
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com