Berita Terbaru

SD Muhammadiyah Kriyan Jalan Sehat dan Pungut Sampah untuk Lingkungan yang Lebih Bersih

Loading

JEPARA- Suasana pagi di sekitar SD Muhammadiyah Kriyan semakin semarak ketika ratusan siswa, guru dan warga sekitar berkumpul untuk berpartisipasi dalam kegiatan jalan sehat sembari pungut sampah yang diadakan oleh sekolah ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menggalang kepedulian terhadap lingkungan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar Jum’at 26 Mei 2023 M bertepatan dengan tanggal 6 Dzulqaidah 1444 H.

Kepala SD Muhammadiyah Kriyan, Muntiasih, S.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial yang telah diterapkan oleh sekolah. “Kami ingin membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan sejak usia dini. Melalui kegiatan ini, kami berharap siswa-siswa kami akan belajar untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang mereka hasilkan, serta memahami pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat,” kata Muntiasih, S.Pd.

Kegiatan jalan sehat ini tidak hanya melibatkan siswa dan guru-guru, tetapi juga melibatkan warga sekitar sekolah. Dengan mengenakan seragam jalan sehat berwarna cerah dan membawa alat pungut sampah, peserta berbaris rapi dan penuh semangat menjelajahi jalur yang telah ditentukan. Di sepanjang perjalanan, mereka berinteraksi dengan warga sekitar dan mengajak mereka untuk ikut serta dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan.

Tak hanya menggelar jalan sehat, siswa dan peserta kegiatan ini juga memanfaatkan kesempatan untuk membersihkan lingkungan sekitar dengan mengumpulkan sampah yang terlihat. Dengan semangat gotong royong, mereka saling bahu-membahu membersihkan taman, jalan raya, dan sekitar tempat sampah umum. Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan kemudian diangkut ke tempat pemrosesan sampah terdekat.

Salah satu siswa, Ahmad, mengungkapkan kegembiraannya atas kegiatan ini. “Saya senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini bersama teman-teman dan guru-guru. Saya belajar banyak tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan bagaimana cara bertanggung jawab terhadap sampah yang kita buang,” ujar Ahmad sambil memegang sebuah kantong sampah yang sudah terisi penuh.

Kepala Sekolah Muntiasih, S.Pd menuturkan harapannya bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi siswa dan warga sekolah, tetapi juga untuk masyarakat luas. “Kami berharap bahwa melalui kegiatan ini, kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan akan semakin bertumbuh. Kami juga mengajak seluruh pihak untuk kelanjutan dan keberlanjutan upaya ini, SD Muhammadiyah Kriyan berharap dapat menciptakan budaya peduli lingkungan yang kuat di antara siswa-siswanya serta menginspirasi masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

Kontributor : Hendra Suryana, S.Pd.I

Total Page Visits: 610 - Today Page Visits: 1
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com